Jumat, 17 Januari 2014

Rollcake Character dari Dapur Mas Eldio





Pernahkah mendengar tentang rollcake? Mungkin kita membayangkan hanya kue gulung biasa. 
Namun berbeda dengan Rollcake Character. 
Rollcake character saat ini sedang trend di Jember. Selain karakter yang digambar pada bagian luar kue sangat menarik, apalagi rasa dari kue karakter ini juga bisa memanjakan lidah. Pembuatan rollcake character pertama di Jember dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Laily Hidayati. Rollcake ini dibuat di “Dapur Mas Eldio” , yakni nama yang diambil dari nama anak pertamanya. Ide awal membuat rollcake character berawal dari niatan untuk selektif dalam memilih makanan yang bergizi dan dengan tampilan yang menarik agar anak-anaknya tidak selalu membeli jajanan di jalan yang belum tentu terjamin kebersihannya. Dan karena selama ini belum ada yang membuat inovasi rollcake berkarakter di Jember, Lelly mempunyai gagasan untuk memasarkannya. Di sela-sela pekerjaannya sebagai Pegawai Negeri Sipil, ia menyisihkan waktunya dalam bisnis rumahan, dan sampai saat ini berbagai pesanan masih dilayani. Proses pembuatan berada di rumahnya yakni di Jl. Sriwijaya no.166 Gang Cersen, Kecamatan Sumbersari Jember. Kue dengan berbagai karakter unik dan rasa. Diantaranya rasa nanas, cokelat, durian, strawberry, dan blueberry.
Biasanya rollcake juga bisa dipesan sesuai dengan karakter yang diminta. Tak jarang rollcake dijadikan sarana mengungkapkan perasaan. Bahkan karakter juga disesuaikan dengan tema pada hari-hari special atau hari-hari besar seperti hari ibu, anniversary, dan ulang tahun dengan banyak karakter kartun.
Bahan-bahan yang digunakan yakni tepung terigu, gula pasir, kuning telur, baking powder, air, minyak goreng, putih telur, gula, krim of tar-tar, dan garam.
Proses pembuatannya yakni terdapat dua adonan. Adonan pertama terdiri dari tepung ditambah baking powder dan diayak. Kemudian ditambahkan gula, air, kuning telur, dan minyak goreng, dam diaduk hingga tercampur. Adonan kedua, putih telur dikocok hingga mengembang dan ditambahkan krim of tar-tar dan garam. Lalu jika adonan sudah terlihat mengkilat dan sedikit padat, ditambahkan lagi gula dan dicampur hingga adonan kaku. Kemudian adonan satu dan adonan dua dicampur hingga merata dengan menggunakan mixer. Sebagian adonan dipisahkan untuk diberi pewarna makanan sebagai dasar pola karakter yang digambar. Setelah digambar sesuai karakter yang diinginkan, dimasukkan dalam oven selama 5 menit. Saat pola sudah mengembang, dikeluarkan dari oven dan ditambahkan adonan sisa sampai satu loyang penuh. Dimasukkan ke dalam oven kembali dalam waktu 25 menit. Rollcake yang sudah matang bias dioles selai dengan rasa sesuai selera, lalu digulung dan siap disajikan. Harga rollcake character bervariasi sesuai ukuran dan juga rasa. Ukurannya mulai dari ukuran 26cm hingga 52cm, dan variasi harga mulai Rp 17.500,- hingga Rp 70.000,- . Target pemasarannya yakni mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Pemasaran dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan jejaring sosial, hingga memanfaatkan profil foto blackberry messenger.
Nah.. bagaimana, ingin mencicipi lezatnya Rollcake Character ini? Anda bisa mencoba memesannya :) 

















 

Dokumentasi lengkap:
https://www.facebook.com/dapur.eldio?hc_location=timeline

https://www.facebook.com/Iecha.Yasha/media_set?set=a.10201246550438109.1073741841.1602040547&type=3&uploaded=44

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Rollcake Character dari Dapur Mas Eldio"

Posting Komentar