Minggu, 19 Juni 2011

Proyek Menulis Anak Bangsa: Antologi Kisah dan Ide Inspiratif untuk Indonesia

Sudah 66 tahun Indonesia merdeka. Dalam kurun waktu itu, beragam dinamika kehidupan berbangsa telah tertorehkan. Ada kebahagiaan, juga perih, dan terkadang di ambang keputusasaan. Namun bangsa besar ini tetaplah melabuhkan diri di samudera kehidupannya. Walau ombak besar menghantam dan kerap kali membenturkannya di karang kemelut kehidupan berbangsa. Dan ia tetap tegar hingga hari ini. Seiring pergantian pemimpin, seiring berlalunya sejarah, ia tetap mampu kokoh menghadapi segala macam ujian itu. Mulai pertikaian anak bangsa, penyakit moralitas, hingga borok-borok penyakit di sudut-sudut ruang institusi pemerintahan maupun swasta, bahkan persoalan disintegrasi bangsa.

Tapi bangsa besar ini tetaplah anugerah bagi kita. Kita tidak bisa menghindar dan melepaskannya ke jurang kehancuran. Kita tetap harus mengelolanya dengan penuh kerja keras, kerja cerdas, dan optimisme. Optimisme yang lahir dari keyakinan akan kuasa Tuhan, juga optimisme yang lahir dari kecakapan merencanakan masa depan.

Namun, negara besar ini tak dapat diperjuangkan dan dikelola oleh segelintir atau sekelompok elemen bangsa saja, melainkan ia harus diperjuangkan dan dikelola oleh seluruh anak bangsa Indonesia. Maka, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap bangsa besar ini, menjelang HUT RI yang ke-66 Irfan Azizi seorang penulis muda negeri ini berinisiatif mengadakan proyek buku: Antologi Kisah & Ide Inspiratif untuk Indonesia. Diharapkan dengan adanya antologi ini kita bisa berbagi ide inspiratif untuk bangsa maupun kisah tentang mereka yang telah bekerja keras untuk negeri ini baik kalangan pejabat publik (kepala desa, camat, bupati/walikota, gubernur, hingga presiden) juga yang ada di jajarannya, atau mereka para anggota legislatif, menteri, kalangan media, artis, pendidik, pekerja, petani, mahasiswa/pelajar dan seluruh elemen anak bangsa.

Bagi yang ingin ikut serta, berikut beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan:

>> Naskah merupakan karya sendiri.

>> Memilih salah satu atau kedua-duanya dari kategori ini: (a) Kisah Inspiratif: Naskah berisikan kisah nyata seseorang (siapapun, di manapun & apapun posisinya) dalam melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa. (b) Ide Inspiratif: Naskah berisikan ide-ide inspiratif beserta uraian merealisasikannya atau kisah pengalaman pribadi yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

>> Naskah minimal 3 halaman dan maksimal 5 halaman, Times New Roman 12pt, A4, spasi 1,5.

>> Maksimal mengirimkan 3 judul/naskah.

>> Naskah ditulis oleh WNI di manapun dan apapun posisinya.

>> Menyertakan biodata beserta foto.

>> Pengumpulan naskah dimulai sejak tanggal 11 Juni 2011 hingga 25 Juni 2011.

>> Seleksi tanggal 26 Juni 2011 hingga 30 Juni 2011. Akan dipilih 30 naskah terbaik untuk dibukukan.

>> Pengumuman tanggal 1 Juli 2011 melalui email.

>> Naskah dan biodata dikirim dalam satu file ke email: marketing.scwa@gmail.com Dengan menuliskan subject: KISAH INSPIRATIF_JUDUL_NAMA PENULIS (untuk kisah inspiratif) / IDE INSPIRATIF_JUDUL_NAMA PENULIS (untuk ide inspiratif).

>> Peserta yang naskahnya terpilih, akan mendapatkan royalti dari keuntungan pemasyaran buku.

Mari sambut ajakan ini. Segera kita cermati lingkungan kita, dan resapi segala kekuatan inspirasi dan keteladanannya, lalu kita tuliskan. Semoga kita bisa berperan bagi kemajuan bangsa besar ini.[AA]
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Proyek Menulis Anak Bangsa: Antologi Kisah dan Ide Inspiratif untuk Indonesia"

Posting Komentar